Anti Duhring Frederick Engels

Download Ebook Anti Duhring Frederick Engels






Anti-Duhring yaitu karya polemik Engels yang ditujukan kepada Dühring, seorang ideolog borjuis kecil Jerman. Buku ini berisi klarifikasi yang komprehensif dari tiga pecahan penting dalam Marxisme.
Anti-Duhring  terdiri dari pendahuluan dan tiga pecahan utama: "Filsafat”, "Ekonomi Politik”, dan "Sosialisme". Dalam pendahuluan, Engels membuat denah mengenai
 perkembangan filsafat dan memperlihatkan bahwa kelahiran Marxisme merupakan keniscayaan sejarah. Dia memperlihatkan suksesi reguler dari periode penting sejarah filsafat dan memperlihatkan kesimpulan bahwa gagasan materialis dalam bidang sejarah telah membuat dasar yang ilmiah dalam studi mengenai modus produksi kapitalis. Menurut Engels, berkat dua inovasi besar dari Marx—konsepsi materialis mengenai sejarah dan teori ‘nilai lebih’—sosialisme ditransformasikan dari inspirasi yang utopis menjadi pengetahuan yang ilmiah.
Pada pecahan pertama, Engels mengupas masalah penting dari materialisme dan dialektika, dan juga konsepsi materialis mengenai sejarah. Di pecahan lainnya, yakni pecahan 3, Engels mengupas mengenai kesadaran manusia. Kesadaran, tulis Engels, yaitu produk dari otak manusia, sedangkan insan itu sendiri yaitu produk dari alam dan masyarakat. Dan pemikiran, lanjutnya, yaitu refleksi dari pengalaman.
Anti-Duhring yaitu puncak dari tiga dekade perkembangan Marxisme. Ide-ide dalam Anti-Duhring lalu dikembangkan oleh Engels dalam Dialectics of Nature, The Origin of the Family, Private Property and the State, dan Ludwig Feuerbach and the End of Classical German Philosophy—dan selanjutnya oleh Lenin dan Trotsky.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel