Madilog - Tan Malaka

Download Ebook Madilog - Tan Malaka


Madilog yaitu buku yang menjadi puncak pemikiran terbaik Tan Malaka.
Madilog abreviasi dari Materialisme, Dialektika, dan Logika, yaitu panduan berpikir yang realistis, pragmatis, dan flexibal. Dalam bukunya ini Tan menyampaikan pentingnya ilmu pengetahuan untuk membangun masyarakat Indonesia.
Mengapa Tan sangat menekankan pentingnya pengetahuan? Hal ini akrab kaitannya dengan kondisi rakyat Indonesia sendiri yang masih menganut paham feodalisme, bermental budak, dan mengkultuskan tahyul.
Namun Tan juga tidak menyalahkan keadaan itu, alasannya yaitu bangsa Indonesia berdasarkan Tan tidak memiliki riwayat kesejarahan sendiri selain perbudakan. Karenanya tak mengherankan bila budaya bangsa ini menjelma pasif dan menolak sama sekali penggunaan asas eksplorasi kebijaksanaan sains.
Untuk mengikis nilai-nilai negatif di atas tadi maka Tan menawarkan solusinya melalui Madilog. Madilog lahir melalui perpaduan kontradiksi pemikiran di antara dua kubu fatwa filsafat, yaitu Hegel dengan Marx-Engels. Tan kemudian memadukan kedua kontradiksi itu untuk mengubah mental budaya pasif menjadi kelas sosial gres berlandaslan sains, bebas dari alam pikiran mistis. Melalui sains, cara pandang masyarakat Indonesia harus diubah. Logika dikedepankan, pikiran kreatif dieskplorasi.
Hmm… goresan pena di buku Tan Malaka, terbitan KPG ini sangat mengesankan bagi saya. Terutama, sebagiannya menjawab pertanyaan-pertanyaan yang selama ini tersimpan.
Mungkin Tan benar, kita semestinya bercermin terlebih dahulu ke diri sendiri sebelum bertindak. Bagaimana dapat menciptakan negeri ini maju jikalau di dalamnya masyarakat kita tidak dapat terbuka pada ilmu pengetahuan dan masih berkutat pada hal-hal yang dogmatis sifatnya? Kita tidak akan pernah kemana-mana selama kita tidak berani melihat keluar.
Madilog yaitu simbol kebebasan berpikir. Seperti Tuhan yang menganugerahkan insan akal, maka gunakanlah kebijaksanaan itu seoptimal mungkin. Bebaskan


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel