Bumi Insan - Pramoedya

Download Ebook Bumi Manusia - Pramoedya



Novel ini berisikan sebuah kisah wacana perlawanan kaum pribumi melawan kolonialisme belanda. Cerita ini bermula ketika pribumi berjulukan Minke cowok pribumi putra seorang bupati yang berkesempatan menempuh pendidikan di H.B.S merupakan salah satu siswa yang pandai. Karakter minke yakni pribumi yang cerdas dan berani melawan penindasan terhadap dirinya. Ia diperolok temannya alasannya yakni kulitnya berbeda dengan temannya keturunan belanda. Minke sangat mengagungkan eropa dan melupakan budayanya alasannya yakni merasa eropa jauh lebih baik dalam segala hal.
Minke diajak temannya berkunjung ke Wonokromo sebuah perusahaan dan perkebunan tebu milik Nyai Ontosoroh. Nyai Ontosoroh dipaksa menikah orang tuannya kepada orang belanda, dan dijadikan gundiknya. Awalnya Nyai Ontosoroh menolak dan benci kepada sang suami (Tuan Mellema). Namun seiring berjalannya waktu Tuan Mellema ternyata sangat saying pada Nyai Ontosoroh. Dari sang suami pula Nyai Ontosoroh mencar ilmu wacana perusahaan hingga benar-benar berpengalaman hingga seluruh perusahaan yang mengendalikan yakni Nyai Ontosoroh meskipun pada kesudahannya . Pernikahan itu melahirkan Annelies yang bagus jelita keturunan jawa-belanda. Pertemuan itulah yakni pertemuan pertama yang menciptakan Annelies dan Minke jatuh cinta.  Suatu hari Minke diminta Nyai Ontosoroh untuk tiba kembali ke Wonokromo alasannya yakni semenjak kepergiannya Annelies sering melongo dan pekerjaannya banyak yang salah. Minke menjadi daerah curahan hati Annelies ia bercerita tentag keluarganya bahwa alasannya yakni suatu hal ayahnya yang dulu baik berubah alasannya yakni suatu hal. Yaitu ketika anak papanya tiba dan memperolok papanya serta menghina mamanya dan menuntut haknya. Sejak itu sang papa jarang pulang dan Nyai Ontosoroh yang mengurus seluruh perusahaan dan perkebunan. Minke semakin bersahabat dengan keluarga itu. Bahkan Minke dan Annelies diperbolehkan tidur bersama satu ranjang.
Minke dikejutkan ketika suatu pagi ia dijemput biro polisi untuk dibawa ke kantor polisi, kemudian Minke naik dokar dan ternyata menuju ke gedung bupati kota B. ternyata ketika itu yakni ketika dimana ayah Minke diangkat menjadi bupati. Ayahhanda Minke sangat murka alasannya yakni Minke tak pernah membalas surat dari sang ayah. Selesai berurusan di kota B Minke kembali ke Surabaya namun alasannya yakni suatu hal demi menjaga kebaikan semuanya Minke tidak ke Wonokromo. Suatu hari Minke menerima kabar bahwa Annelies sakit keras alasannya yakni merindukan Minke. Nyai Ontosoroh memasrahkan Annelies pada Minke. Setelah kedatangan Minke Annelies sembuh. Berbagai duduk perkara tiba dalam kehidupan Minke dan Annelies. Minke melanjutkan pendidikannya hingga lulus sebagai lulusan terbaik H.B.S ia tak menyangka seorang pribumi berada diatas eropa. Dan di hari senang itu minke dan annelies mengumumkan pernikahannya. Pesta kesepakatan nikah besar-besaran digelar dengan tata cara islam.
Enam bulan telah terlewati. Keluarga itu lagi-lagi dihantam topan. Annelies dan Nyai menghadap ke pengadilan putih yang memutuskan semua hak-hak kuasa kekayaan Tuan Mallema jatuh pada anak kandungnya. Hal itu membuat keluarga itu sangat terkejut. Juga surat yang memperlihatkan bahwa Mauris Mellema menjadi wali bagi Annelies. Dan pengasuhnya di Nederland. Hal ini menciptakan Minke hampir pingsan. Sejak ketika itupun kesehatan Annelies mulai terganggu. Nyai sudah menyepa advokat untuk membantu. Inilah masalah bangsa kulit putih yang menelan pribumi. Nyai dan Minke tak ingin mengalah dalam masalah ini. Mereka terus melawan. Pribumi harus mempertahankan hak-haknya tidak boleh ditindas eropa saja. Semua hal dilakukan Minke untuk mempertahankan Annelies dari menulis, berdemo hingga mengajak lembaga islam yang membela Minke. Hari terus berlalu sampailah pada dikala-ketika terakhir dimana Annelies akan pergi Annelies mempunyai undangan terakhir kepada mamanya untuk mengasuh seorang adik wanita seakan-akan Annelies. Perempuan erop mulai menarik Annelies ia berjalan lambat-lambat menuruni tangga dalam tuntunan orang eropa. Badannya Nampak sangat ringkih dan lemah. Anneliespun pergi menuju dimana ratu Wilhelnima berkuasa.

Download Disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel