Semangat Muda Tan Malaka

Download Ebook Semangat Muda Tan Malaka




Sinopsis Buku Semangat Muda Tan Malaka


Buku ini ditulis oleh Tan Malaka di Tokyo pada tahun 1926. Buku ini dibagi kedalam 5 Bab.
Bab pertama, Tan Malaka berbicara wacana kondisi masyarakat yang dibagi menjadi dua kelompok besar yaitu kaum bangsawang yang mempunyai tanah dan harta kemudian kaum proletar menyerupai buruh, tani dan pekerja. Tan Malaka menyatak setidaknya ada lima aspek dimana akan timbul kontradiksi keras antara dua kelompok ini yaitu pada Hak Milik, Anarkisme, mesin, kasta dan imperialisme. Untuk menuntaskan kontradiksi itu, Tan Malaka menyebutkan bahwa Indonesia haruslah masuk ke ranah Diktator Proletar, kondisi dimana kaum proletarlah yang mempunyai kekuasaan politik juga ekonomi. Tahapan ini ialah tahapan sosialisme sampai nantinya berujung pada zaman komunisme.
Pada Bab dua, Tan Malaka membahas kondisi Indonesia. Dari aspek ekonomi, kekayaan bangsa diambil oleh pekerja indonesia untuk nantinya dinikmati karenanya oleh si pemalas belanda. Dari aspek sosial, kondisi buruh indonesia yang masih sedikit dibandingkan eropa. Juga Indonesia lebih banyak mempunyai buruh tani daripada buruh industri. Selanjutnya Tan Malaka membahas krisis ekonomi dan krisis politik di Indonesia.
Pada Bab ketiga, Tan Malaka kembali membahas kegiatan yang perlu dilakukan oleh PKI di Indonesia. Program itu pada bidang ekonomi, politik, sosial, polisi, tentara, pendidikan, agresi kegiatan dan honor minimum. Tan Malaka memberikan karakteristik dari programnya itu haruslah : cocok dengan kekuatan kita, dapat menaikkan derajat rakyat indonesia, dapat menarik indonesia ke zaman industrialisasi model baru, dapat mengadakan kerukunan seluruh rakyat melarat, dan dapat membangunkan semangat revolusioner seluruh rakyat indonesia.
Bab 4, Tan Malaka menyoroti kondisi organisasi yang ada di Indonesia waktu itu. Partai Komunis Indonesia, Indische Partij, Budi Utomo, Sarekat Islam. dan Sarekat Rakyat. Tan Malaka menjeskan bagaimana harusnya sebuah organisasi itu.
Pada Bab 5, terkait Revolusi. Tan Malaka menghimbau rakyat indonesia untuk membangun agresi massa, membangun revolusi. Tujuan besarnya menentang kamu feodal dan kapitalis sampai bumi hangus dari tanah Indonesia sampai Kemerdekaan muncul untuk Indonesia.
Buku ini tak jauh berbeda dengan bahasan buku Tan Malaka yang lain menyerupai gerpolek dan naar de republik



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel