Mereka Bilang Disini Tida Ada Dewa Kontras

Download Ebook Mereka Bilang Disini Tida Ada Tuhan Kontras




Sinopsis Mereka Bilang Disini Tida Ada Tuhan Kontras


Tragedi Tanjung Priok merupakan salah satu kekejaman rezim Orde Baru terhadap suatu golongan agama pada 12 September 1984. Peristiwa penembakan di tengah malam itu dikronologiskan oleh para korban dalam buku ini, dengan klarifikasi latar waktu dan daerah yang gampang dipahami.
Penjemputan ke rumah tanpa surat penangkapan, penembakan di depan teras rumah, dijemur dan dilecehkan di lapangan rumah tahanan, sampai ditendangi kepala sambil diteriaki: "Tidak ada Tuhan di sini!" oleh pihak Militer yang berkuasa, mewarnai cerita ngeri buku ini.
Pesakitan itu membekas sampai pascaperistiwa tersebut, bagaimana salah seorang anak korban ditolak bekerja di banyak sekali perusahaan yang tengah dalam kondisi jatuh miskin. Tidak hanya diskriminasi, trauma pun menghantui Aminatun, perempuan berjilbab yang dirayu petugas di dalam penjara, dan dihantui bunyi jeritan para tahanan selama bertahun-tahun.
Membaca buku ini menyerupai menonton film bergenre thriller non-fiksi. Kisahnya terasa lebih sadis jikalau dibandingkan dengan film dokumenter 'Senyap', sebab pesakitan yang dikisahkan korban yakni episode penyiksaan panjang—yang diungkap secara mendetil—hingga menyebabkan rasa ngeri dan ngilu di sekujur tulang. Mereka menjadi saksi betapa buasnya Militer di bawah dogma Orde Baru. Buku ini yakni satu dari sekian catatan kelam banyak sekali bencana di masa lalu.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel